Kamis, 17 Januari 2013

Makalah Perawatan LCD

PAPER TREATMENT OF LCD LAPTOP AND PC



 Compiled By:

M u s a 

211 03 016

Academic Managemant Informatica and Computer Global Kendari 
2013

 PREFACE 
 All praising to Allah of Swt, because blessing what overflows and its it[him] so that this handing out duty can finish punctually. I also render thanks to Lecturer, friends, and all [party/ side] which have lifted a hand and support to me in compiling and finishing this handing out, specially thank to Ms. Normawati as eye lecturer of kuliah Ianguage of inggeris III guiding and instructing me in making and finishing this handing out. I make this handing out, aim to to explain procedures treatment of Monitor or is hardware [of] computer. Because seeing important so computer him in life [at] the present day this. Almost entire/all human life aspect in this time is not quit of technology specially computer. In all area in this time have required which [is] its name [of] computer, as does [at] education world, health, and commercial or economics. Matter that's which [is] important menunjukan so computer him in facilitating us. Your you do us know growth of that computer? Therefore in this handing out will be explained to [regarding/ hit] procedures treatment of Monitor. As ordinary human being, we realize that in this handing out still many by mistake and insuffiency which [do] not be intended. Therefore we require suggestion and criticism to complete making of handing out upon which hereinafter. Kendari, 2010 Writer  

Chapter I Antecedent 
1.1. Back Ground Pada saat ini kehidupan telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, di tandai dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang bisa di akses kapan pun dan dimana pun kita berada. Adapun teknologi informasi dan komunikasi yang dimaksud adalah Computer (PC) atau Note Book. Saat ini hampir semua orang dalam beraktivitas khususnya dalam perusahaan atau perkantoran harus menggunakan komputer, begitupun hampir semua orang mempunyai Laptop atau Note Book yang hanya sekedar dimiliki dan dipergunakan dengan tanpa mengetahui cara pakai dan perawatan yang benar dan telah disarankan agar laptop atau note book yang kita miliki bisa awet serta tahan lama. Oleh karena itu dengan banyaknya orang mempunyai laptop atau note book yang kurang mengetahui perawatan tersebut khususnya perawatan LCD, saya berinisiatif untuk mengangkat judul paper perawatan LCD dan cara merawatnya agar tidak mudah rusak.  


Chapter II Solution
 2.1. Tips yang Berguna Dalam Perawatan Monitor Komputer Anda Monitor computer atau laptop kita merupakan salah satu hardware mengemban fungsi vital dari keseluruhan kegiatan kita dalam menggunakan komputer. Sekarang ini sudah ada beberapa jenis monitor yang beredar dipasaran, mulai dari monitor CRT (Catode Ray Tube) yang konvensional, LCD (Liquid Crystal Display) dan juga LED (Light Emitting Diode) monitor. Monitor CRT sudah mulai banyak ditinggalkan penggunannya karena teknologinya yang sudah mulai terkesan usang dan tidak hemat energi. Monitor LCD dan LED banyak digunakan beberapa tahun belakangan ini karena ukurannya yang lebih hemat tempat, praktis, mampu menghasilkan warna yang jauh baik dan lebih banyak dibandingkan monitor CRT biasa serta hemat energi. Namun monitor LCD dan LED memiliki permukaan yang lebih sensitif dan mudah tergores dibandingkan monitor CRT yang berbahan dasar kaca, sehingga perlu perawatan ekstra hati-hati untuk itu. Agar monitor kita selalu tetap terlihat jernih, bersih dan bekerja seoptimal mungkin, maka kita perlu melakukan perawatan secara berkala untuk itu. Sebelum memulai kegiatan “bersih-bersih” ini sebaiknya komputer ataupun laptop dalam keadaan mati atau tidak terhubung aliran listrik agar kita tidak terkena sengatan arus listrik. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara merawat monitor baik monitor CRT, LCD, maupun LED dengan mudah yang dapat anda lakukan dirumah, antara lain: 
2.2. Perawatan LCD Laptop LCD Laptop adalah salah satu komponen laptop yang cukup mahal harganya apabila terjadi penggantian akibat rusak. Rusaknya LCD laptop ini memang disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena faktor bawaan dari pabrik ataupun faktor manusia yang menggunakannya yaitu di perlakuan dan cara merawat LCD laptop itu sendiri. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna laptop antara lain adalah LCD dengan tampilan bergaris, tampilan bergetar , warna kurang tajam, dan missing color. Permasalahan ini banyak dialami oleh LCD yang masih menggunakan inverter atau neon sebagai backlightnya. dan sebagian besar kerusakan LCD susah ditangani kecuali dengan penggantian. Berdasarkan pengalaman, kerusakan LCD laptop disebakan oleh VGA module nya kurang baik secara kualitasnya. VGA module tersusun oleh VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan inverter. Ini adalah kerusakan LCD laptop yang disebabkan oleh faktor bawaan dari pabrik pembuatannya. Faktor lain penyebab kerusakan LCD laptop adalah karena penggunaan dan cara merawat LCD laptop yang kurang benar. Laptop tidak sama dengan PC desktop yang lebih kuat dan tahan apabila kita nyalakan seharian. Semakin lama laptop dinyalakan akan menyebabkan panas yang berlebihan di dalam laptop itu sendiri walaupun sudah ada fasilitas pendinginan di dalam laptop. Hal ini disebabkan oleh ruang kosong yang lebih sempit jika dibandingkan dengan PC desktop biasa. Panas pada laptop inilah yang menyebabkan kerusakan pada laptop, yang salah satunya adalah LCD laptop yang rusak. Untuk melakukan perawatan LCD laptop, dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa pedoman atau cara di bawah ini:
 • Gunakanlah screen protector untuk melindungi layar dari goresan dan debu yang mengenai layar secara langsung.
 • Jangan menekan permukaan layar laptop. 
• Hindari membuka/menutup laptop dari permukaan LCDnya, sebaiknya anda melakukan buka/tutup dengan kedua tangan memegang kedua ujung laptop tersebut secara perlahan dan tidak dibanting.
 • Jangan membiasakan laptop dalam keadaan terus terbuka walapun tidak digunakan, agar mencegah debu menempel di permukaan LCD
 • Gunakan penutup anti debu atau simpan laptop dalam tas laptop jika sudah tidak digunakan lagi.
 • Jangan memfungsikan laptop anda sebagai “meja” atau alas dengan meletakkan berbagai barang di atas permukaan laptop pada saat laptop tertutup. Begitu pula jangan meletakkan benda diantara layar dan keyboard pada saat laptop dalam keadaan terbuka.
 • Gunakan cairan pembersih khusus untuk LCD laptop anda ataupun juga dapat menggunakan cairan pembersih lensa kamera digital ataupun kamera profesional. Cara penggunaannya pun dengan menyemprotkan cairan pembersih ke permukaan kain halus atau tissue yang sudah disediakan. 
• Kita juga dapat membersihkan layar laptop dan bagian celah keyboard dan lainnya dengan menggunakan sikat lembut yang memang diperuntukkan untuk itu.
• Hindari penggunaan cairan pembersih yang berbahan dasar alhokol, ammonia, aseton, toluene, asam etil atau metal klorida atau lainnya karena bahan kimia tersebut bereaksi buruk dengan layar monitor kita dan dapat berefek kerusakan atau memperpendek usia pakai monitor tersebut. 2.3. Bagaimana cara merawat LCD laptop agar awet dan tahan lama?
• Bersihkan LCD laptop secara berkala dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop.
• Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda.
• Untuk penggunaan dalam waktu lama gunakan coolingpad yang berkualitas yaitu coolingpad yang menggunakan adaptor sendiri, bukan yang mengambil dari USB laptop.
• Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.
 • Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows.
• Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak. 2.4. Merawat Monitor CRT, LCD dan LED Komputer Dektop (PC) Pada dasarnya perawatannya hampir sama dengan perawatan layar laptop. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:
• Untuk monitor CRT, kita dapat membersihkan dengan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar dan menggukan kain halus ataupun tissue. Hal ini dapat dilakukan karena monitor CRT permukaannya berbahan dasar kaca (walaupun cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan berkelanjutan), namun jangan sekali-kali menyemprotkan cairan ke layar LCD atau LED karena akan menyebabkan layarnya menjadi kekuningan.
 • Jangan menutup ventilasi atau lubang sirkulasi udara pada monitor dengan meletakkan barang di atasnya.
• Siapkan perlengkapan kita seperti kain halus / tissue, kuas, sikat lembut dan cairan pembersih.
• Sebelum melakukan pembersihan, ada baiknya anda memutuskan daya yang tersambung ke aliran listrik (melepas kabel power supply) dan juga koneksi ke CPU, kabel koneksi USB, ethernet ataupun kabel koneksi lainnya.
• Proses pengelapan dengan kain halus atau tissue dilakukan secara perlahan dan dengan gerakan searah agar tidak terjadi goresan halus dipermukaannya.
 • Jangan meletakkan monitor kita dekat dengan barang-barang elektronik yang memiliki kecenderungan menghasilkan medan elektromagnetik yang besar seperti televisi, speaker, tape dan lainnya karena akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang menggangu tampilan layar monitor itu sendiri.
• Jangan meletakkan monitor terpapar sinar matahari langsung.
• Bagian pinggir monitor kita dapat dibersihkan dengan pembersih serbaguna (umumnya berbahan dasar silicon) namun hati-hati agar tidak sampai terkena layar monitor itu sendiri.  


Chapter III 
Conclusion and Suggestion 
1.1. Conclusion Berdasarkan dari pernyataan diatas yaitu tata cara perawatan layar CRT,LCD dan LED dapat kita simpulkan sebagai berikut :
1. Monitor computer atau laptop kita merupakan salah satu hardware mengemban fungsi vital dari keseluruhan kegiatan kita dalam menggunakan komputer.
2. Agar monitor kita selalu tetap terlihat jernih, bersih dan bekerja seoptimal mungkin, maka kita perlu melakukan perawatan secara berkala
3. Berdasarkan pengalaman, kerusakan LCD laptop disebakan oleh VGA module nya kurang baik secara kualitasnya. VGA module tersusun oleh VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan inverter. Ini adalah kerusakan LCD laptop yang disebabkan oleh faktor bawaan dari pabrik pembuatannya.
1.2. Suggestion
1. Agar laptop kita awet serta tetap kelihatan bersih maka lakukanlah perawatan minimal sekali sebulan.
2. Jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol yang berlebihan.
3. Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda.

1 komentar:

Musa mengatakan...

tolong diberi masukan / kritik agar dilakukan perbaikan